3 Varian Kopi yang Harus Diketahui Sebelum Memesannya

3 Varian Kopi yang Harus Diketahui Sebelum Memesannya

Kopi memang nampaknya sudah tidak asing lagi bagi seluruh umat manusia. Tak memandang pria wanita, tua atau muda, bahkan anak-anak pun menyukainya. Cita rasa dan aroma kopi yang khas adalah salah satu alasan mengapa kopi begitu banyak disukai berbagai kalangan.

Ketika ingin menikmati kopi, tentu kalian bisa membuat kopi sendiri di rumah, ataupun membelinya di cafe atau coffee shop terdekat. Jika ingin membuatnya di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba resep kopi kekinian agar tidak bosan dan selalu ada hal baru. Namun, jika kalian ingin menikmatinya di cafe atau coffee shop alangkah baiknya untuk mengetahui jenis varian kopi yang biasa tersedia di menu. Ini untuk menghindari supaya kalian tidak salah pilih saat memesan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

3 Varian Kopi yang Biasa Tersedia di Menu

1. Cappucino

Varian kopi ini pasti sudah familiar bagi kalangan orang Indonesia. Cappucino merupakan kopi yang memiliki tampilan berupa foam atau buih di atasnya dan granula-granula sebagai taburan di atasnya. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kopi cappucino ini yaitu kopi, susu, dan juga coklat.

Kalian tidak perlu repot-repot untuk datang ke cafe saat ingin menikmati cappucino, sebab sekarang sudah tersedia banyak kopi cappucino kemasan sachet yang dijual di pasaran. Kalian tinggal pilih dan seduh, tidak sampai 5 menit, kopi pun siap dinikmati. Mudah, bukan?

2. Americano

Sesuai namanya, Americano merupakan kopi yang ada kaitannya dengan Amerika. Memang benar, asal usul varian kopi ini adalah ketika tentara Amerika yang berperang di Italia sering menambahkan air panas ke dalam ekstrak kopinya hingga takaran yang pas. Oleh karenanya, disebut kopi Americano, yaitu kopinya orang Amerika.

3. Latte

Pasti kalian sering melihat kopi yang seperti ada lukisan di atasnya, bukan? Itu merupakan varian kopi latte. Barista sering membuat latte art di atasnya. Selain menarik, kopi latte juga digemari banyak orang karena rasanya. Rasa dari kopi latte ini tidak sekuat kopi lainnya, jadi sangat cocok untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak.

Bahan yang digunakan saat membuat latte ini adalah campuran kopi dan susu. Adanya susu membuat rasa kopi menjadi lebih creamy dan tidak terlalu pahit dengan aroma menyengat. Mirip Americano, kopi latte juga punya foam di atasnya akibat adanya susu, hanya saja foam-nya lebih halus dan bisa dibuat seni yang indah. Selain itu tidak ada tambahan granula di atas kopi latte.

Nah, itulah 3 varian kopi yang umum dan sering dijumpai di pasaran. Dari ketiga varian tersebut, sebenarnya masih ada banyak varian kopi lainnya. Kalian bisa eksplor sendiri dan mengkreasikan sendiri sesuai selera. Pahami ketiga varian kopi tersebut sebelum memesannya di cafe, agar sesuai dengan rasa yang kalian harapkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.