4 Cara Untuk Mengoptimasi Logistik Dengan Multimodal Transportation

19

Proses pemindahan kargo dalam satu kontainer dari pintu ke pintu dengan menggunakan transportasi darat dan laut atau sungai dalam satu rantai transportasi disebut sebagai Multimodal Transportation.

Kedengarannya memang sangat ribet, membutuhkan biaya banyak, dan tenaga yang lebar. Namun jika dilakukan dengan benar, maka proses optimasi menjadi jauh lebih efektif.

Lagipula multimodal transportation memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan tantangannya. Misalnya, kita dapat mengirimkan barang tanpa hambatan jalan.

Angkutan via laut bisa memberi kita keamanan, skalabilitas, dan efisiensi ekonomi. Sementara angkutan darat memungkinkan kita menjangkau daerah pedesaan.

Biar lebih teroptimasi, lakukan cara berikut!

Cari Jasa yang Andal!

Kota-kota besar di Indonesia selalu berkutat dengan kemacetan. Sementara daerah pedesaan seringkali tak disediakan akses jalan yang mumpuni.

Dikarenakan ada banyak sekali tantangan yang harus ditangani, maka kita membutuhkan SDM yang jauh lebih lihai dalam menaklukkan segala macam masalah di perjalanan.

Puninar Logistics menjadi salah satu contoh pilihan terbaik karena sudah memiliki lebih dari 650 unit truk dengan berbagai macam tipe dan ukuran.

Tak berhenti sampai di sana, perusahaan yang mampu mengirimkan 5000 kontainer per hari ini pun dilengkapi oleh 24 kapal dan 17 tug boat.

Cari yang Murah

Harga kompetitif menawarkan solusi yang begitu besar terhadap budgeting kita. Operasi skala besar dan pemanfaatan kendaraan yang efisien memungkinkan kita mendapaktan harga yang sangat kompetitif.

Oleh karena itulah, multimodal transportation menjadi salah satu pilihan alternatif hemat biaya daripada transportasi jalan tradisional biasa.

Kurangi Kehilangan Kargo

Biasanya sih disebabkan oleh pencurian, bajing luncat, kerusakan, atau kontaminasi. Maka dari itulah, sebagian besar multimodal transportation akan lebih baik jika dilakukan di daerah laut.

Selama di perjalanan, kargo kita akan dipindahkan dalam wadah baja tertutup rapat dari pintu ke pintu. Dengan demikian, bukan hanya mengurangi resiko kehilangan, juga menghindari kontaminasi.

Skalakan Kapasitas

Tentunya berdasarkan fluktuasi permintaan! Sayangnya, banyak perusahaan besar yang tak mampu menskalakan operasi logistik dalam menanggapi berbagai macam permintaan sepanjang tahun.

Jika kamu salah satunya, maka saatnya berkonsultasi dengan tim penyedia jasa multimodal transportation yang sudah kamu pilih.