5 Rekomendasi Wisata di Garut yang Hits

gambar unggulan

unnamed 7

Apakah kamu berencana berlibur ke Garut? Jika iya, ada baiknya kamu simak rekomendasi wisata di salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat ini. Garut memang identik dengan dodol. Tapi jangan salah, kawasan ini juga punya banyak potensi wisata yang patut kamu eksplorasi. 

Tujuan wisata populer di Garut cukup beragam, dari wisata alam hingga suasana alam pedesaan. Asyiknya, akses menuju kawasan ini dari kota Bandung cukup mudah. Kamu hanya butuh sekitar 2 jam perjalanan. 

Supaya perjalanan lebih nyaman, ada baiknya siapkan dana darurat untuk jaga-jaga di perjalanan. Kondisi kendaraan pun harus disiapkan dengan baik. Soal dana darurat, kamu bisa memanfaatkan cicilan tanpa jaminan dari berbagai fintech tepercaya yang terdaftar di OJK.

Yuk, simak rekomendasi wisata Garut yang kini sedang hits.

Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa merupakan sebuah taman bunga yang telah ada sejak 2012 silam. Kawasan ini ada berkat inisiasi beberapa orang kolektor bunga. Taman ini berada di titik 1.100 meter di atas permukaan laut. 

Lingkungan sekitar berupa Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Talaga Bodas hingga Gunung Papandayan yang semakin menambah ragam ekosistem dengan floranya yang unik. Taman ini memiliki beragam koleksi bunga mawar, termasuk Mawar Damask untuk bahan pembuatan minyak esensial atau air mawar. 

Selain memiliki sejumlah spot foto menarik, taman bunga ini juga menyediakan restoran dengan aneka menu yang bisa kamu coba. Jika berencana ke sini, kamu bisa memilih waktu kunjungan saat bunga sedang bermekaran. Biaya masuk dikenakan Rp 17.500 untuk hari senin hingga sabtu, dan Rp 22.500 pada hari minggu atau libur nasional.

Keracak Valley

Sebagai salah satu objek wisata baru, Keracak Valley menawarkan wisata alam berupa hutan pinus dan kebun kopi. Objek wisata ini terletak di wilayah kecamatan Garut Kota, tepatnya di Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota.

Kawasan ini punya daya tarik berupa spot foto menarik dan sunset indah dari balik pegunungan Papandayan dan Guntur. Untuk masuk ke kawasan wisata, kamu hanya cukup merogoh kocek Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak. Untuk kamu yang berminat untuk camping, dapat menyewa tenda dengan biaya Rp 50 ribu per malam.

Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah pantai yang begitu populer di Garut. Pantai yang memiliki bentang panjang dan pasir putih halus ini terletak di Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut. Di sini, kamu dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan melihat batu besar, serta laut biru yang lengkap dengan biotanya. 

Buat kamu yang berminat untuk menginap di sekitar pantai, dapat menyewa penginapan dengan harga terjangkau antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per hari.

Kampung Naga

Rekomendasi wisata hits Garut berikutnya adalah Kampung Naga. Kampung adat Sunda ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya. Namun, lokasinya cukup dekat dengan Garut. Kampung ini masih menerapkan budaya tradisional yang kuat. Masyarakat setempat juga masih menjaga keaslian budaya tanpa terpengaruh kemajuan teknologi.

Kawasan ini cocok untuk kamu yang ingin belajar budaya masyarakat Sunda, sekaligus menikmati kembali suasana berbeda untuk melepas kepenatan. Bahkan kini banyak pesepeda yang datang ke Kampung Naga untuk menjelajahi desa dengan bersepeda.

Supaya aman, pastikan kendaraan sehat dan kuat. Sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Ingat ada layanan cicilan tanpa jaminan dari Kredivo yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti service kendaraan hingga persiapan dana darurat selama liburan.

Kredivo berikan cicilan dengan tenor 3 bulan dan 6 bulan untuk pinjaman tunai dengan bunga rendah hanya 2,6% saja per bulan. Pengajuan bisa secara online hanya lewat aplikasi resminya yang bisa kamu unduh di App Store maupun Google Play Store.

Leuwi Korsi

Satu lagi pilihan wisata Garut yang populer, adalah Leuwi Korsi. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Bungbunglang Garut. Leuwi artinya adalah sungai lebar dan memiliki aliran air yang tenang sekaligus dalam. Leuwi ini juga memiliki keunikan berapa tepian batu cadas yang bentuknya menyerupai kursi.

Untuk kamu pemburu spot foto instagramable, Leuwi bisa menjadi pilihan. Perpaduan formasi tebing batu ditambah air jernih sebening kristal menjadi kombinasi yang memanjakan mata.

Sebelum bisa menikmati semua keindahan itu, kamu harus melalui trek yang menuntut ketahanan tubuh. Kamu siap?

Demikian beberapa rekomendasi wisata Garut hits, yang bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur. Selamat berlibur ya! Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan selama berlibur.