Cara Mengatur Peternakan untuk Dapatkan Susu Sapi berkualitas

Cara Mengatur Peternakan untuk Dapatkan Susu Sapi berkualitas

Susu sapi berkualitas adalah susu yang kaya nutrisi yang dihasilkan dari sapi perah yang berkualitas. Manfaat dari susu sapi ini sangatlah banyak sehingga pelanggan susu ini semakin hari semakin banyak. Hal ini menjadikan usaha susu ini sangat menjanjikan. Lantas, bagaimanakah cara suatu peternakan untuk bisa mendapatkan susu berkualitas? Simak ulasannya berikut ini.

Faktor Penyebab Susu sapi berkualitas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan susu sapi tersebut berkualitas, mulai dari kondisi sapi hingga tata kelola/manajemen peternakan itu sendiri. Penentuan pakan, treatment untuk sapi, kondisi kadang, dan lain-lain adalah contohnya. Manajemen yang baik akan membuat sapi- sapi peternakan menjadi berkualitas sehingga menghasilkan susu yang berkualitas juga.

Manajemen Peternakan

1. Menyediakan Pakan yang Berkualitas

Kualitas susu sapi bisa ditentukan dari pakan yang diberikan kepada sapi perah. Umumnya pakan sapi perah dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu hijauan, kacang-kacangan, dan konsentrat. Pakan hijauan bisa terdiri dari rumput berkualitas seperti rumput raja, rumput gajah, rumput benggala, dan rumput setaria.

Sedangkan untuk pakan kacang-kacangan baiknya menggunakan kacang-kacangan leguminosa seperti gliricidia, lamtoro, dan kaliandra. Bangsa umbi-umbian juga bisa menjadi alternatif lainnya. Selain pakan hijauan yang merupakan pakan wajib, sapi juga perlu diberikan pakan tambahan, yaitu pakan konsentrat untuk sumber nutrisi ekstra.

Pakan konsentrat sapi dapat berupa campuran dedak padi, tepung jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, ampas tahu tepung tulang, dan garam. Pakan hijauan diberikan pada siang hari setelah pemerahan, sedangkan pakan konsentrat diberikan pada pagi dan sore sebelum sapi diperah agar kualitas susu tidak menurun.

2. Kandang Sapi yang Nyaman

Tempat yang nyaman akan membuat sapi tidak stress yang membuat kualitas susunya bagus. Hal ini bisa dimulai dengan tempat pakan yang rendah dan lebar dan membuat instalasi air ad libitum tiap kadang sehingga sapi mudah untuk mengakses pakan dan minumannya.

Selain itu, Anda juga harus menyediakan cukup ventilasi di dalam kandang.  Kelembaban kandang juga selalu diperhatikan. Pastikan juga bahwa sapi cukup mendapatkan sinar matahari pada pagi dan sore hari.

Untuk menghindari stress, desain kandang juga harus sedemikian rupa dekat/menyerupai alam. Pastikan juga kandang dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas yang bermanfaat untuk melindungi sapi dari berbagai cuaca.

Kemitraan Pabrik Nestle Indonesia dengan Peternak Sapi Perah Lokal

Pabrik Nestle telah melakukan kemitraan dengan peternak sapi perah lokal sejak 1975. Kemitraan tersebut terus berkembang hingga mampu melibatkan 27.000 peternak sapi melalui 41 koperasi susu di Jawa Timur.

Kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan manfaat bersama. Model ini akan memberikan manfaat kepada peternak karena mereka dapat mendapatkan pendampingan teknis dan finansial serta pelatihan merawat sapi untuk meningkatkan produktivitas susu sapi berkualitas, dan pabrik Nestle mendapatkan pasokan susu yang berkualitas dari peternak tersebut.