Cara Menggunakan Kamera Sony Alpha 1 untuk Menghasilkan Foto Yang Optimal

gambar unggulan

Jual Sony Alpha A1 Body Only Mirrorless Digital Camera di Seller Photo Hub  - Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta | Blibli

Sama seperti gadget dan perangkat elektronik lainnya, untuk menggunakan Sony alpha 1, kita perlu melakukan penyesuaian, terutama bagi Anda yang baru memiliki kamera mirrorless. Wajar saja karena kamera ini memiliki rangkaian tombol dengan fungsi yang berbeda-beda untuk diterapkan oleh pengguna.

Bagaimana Cara Mengoprasikan Kamera Sony Alpha 1 Untuk Menghasilkan Foto Yang Optimal?

  1. Menggunakan Prioritas Apertur untuk Foto Ideal

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kamera mirrorless atau DSLR, mode Aperture Priority (mode A) mungkin bisa menjadi mode yang bisa membantu Anda beradaptasi dengan kamera, termasuk di Sony alpha. Perlu diketahui, Sony alpha 1 memiliki dial dengan pilihan mode pemotretan P/S/A/M.

Untuk menggunakan mode ini, Anda memutar dan memilih dial dalam mode A (Aperture Priority). Prioritas aperture di sini adalah mode pemotretan untuk mengatur tingkat eksposur yang masuk ke sensor melalui shutter. Pengaturan pencahayaan pada Sony alpha 1 berguna untuk menghindari under exposure dan over exposure.

  1. Eksplorasi Fungsi Lensa dengan Mode Manual

Setelah Anda terbiasa, saatnya Anda menjelajahi Sony alpha 1 yang baru saja Anda beli. Untuk menggunakannya, Anda harus memutar dan memilih mode M (Manual) pada putaran.

Dengan mode ini, Anda dapat belajar mengoperasikan kamera dengan keterampilan yang Anda miliki. Anda bisa bermain dengan kecepatan hingga ISO untuk mengatur kecerahan foto, dan bereksperimen dengan beberapa teknik foto, mulai dari panning, long exposure, hingga zoom blur.

  1. Manfaatkan Pengaturan Fitur Default untuk Pengambilan Gambar

Ada beberapa tombol dan fitur yang harus Anda kunjungi kembali. Pada Sony ALPHA 1 terdapat hotkey (Fn) untuk mempercepat pengaturan kamera. Dengan menekan tombol ini, Anda bisa langsung mengakses sejumlah pengaturan kamera seperti AWB, ISO, mode autofocus, area fokus, hingga metering.

  1. Sesuaikan Cahaya dengan Pengaturan ISO

Secara garis besar, ISO adalah istilah dalam fotografi yang digunakan untuk mengukur tingkat kepekaan sensor terhadap cahaya. Pada Sony alpha 1, rentang ISO dapat diatur dari 100 hingga 25600. Pengaturan ISO ini memiliki fungsi yang dapat disesuaikan dengan kondisi yang berbeda.