Ciri Khas Furniture Jepara

Ciri khas furniture jepara tentunya akan berbeda jika kita bandingkan dengan furniture pabrikan yang ada di pasaran. Tetapi terkadang masih banyak orang yang ingin membeli furnitur masih bingung untuk membedakan antara furniture ukiran asli jepara dengan furniture ukiran dari pabrikan.

Untuk mengetahui perbedaannya ini kami sudah merangkumnya dengan ringkas tentang ciri khas furniture jepara di bawah ini.

  1. Motif Ukirannya

Pertama yang sangat jelas membedakan toko furniture jepara dengan pabrikan adalah motif ukirannya. Ukiran pada furniture jepara akan terlihat lebih halus dan rumit, karena dibuat oleh tangan pengrajin langsung. Apalagi ketika dilihat secara detail ukiran asli jepara akan terlihat lebih hidup dan anggun.

  1. Menggunakan Bahan Baku Terbaik

Yups, mebel atau furniture jepara asli pasti akan menggunakan bahan baku terbaik untuk digunakan. Salah satu ciri khas dari pengrajin furniture jepara adalah menggunakan kayu jati berkualitas untuk setiap produk yang dibuatnya. Jadi jika dibandingkan dengan produk pabrikan kualitas dan daya tahan furniture dari jepara ini lebih awet dan tahan lama sampai 20 tahun.

  1. Finishing Yang Menarik

Jika dibandingkan dengan finishing pabrikan, semua furniture jepara asli akan menghasilkan finishing yang bertekstur lebih halus dan warnanya akan merata.

  1. Tahan Lama

Karena terbuat dari kayu jati yang berkualitas terbaik, furniture jepara akan lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan furniture yang dibuat dengan bahan dasar kayu lainnya yang ada di pasaran.

  1. Anti Rayap dan Tahan Air

Ciri khas furniture selanjutnya yang juga menjadi kelebihan furniture jepara adalah tahan air dan anti rayap. Jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, material kayu jati pada furniture jepara akan lebih tahan air dan serangga seperti rayap, karena pada kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang tidak disukai rayap dan bisa membuat kayu akan lebih awet dan tahan lama.

Walaupun furniture jepara memiliki kualitas terbaik, tetapi kamu juga bisa mempertimbangkan harganya. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah bisa kemungkinan bahan dasar kayu pembuatannya adalah menggunakan grade paling rendah atau grade C. Jadi jika kamu ingin furniture jepara asli yang berkualitas, pilihlah harga yang tidak terlalu murah untuk memastikan bahan yang digunakan adalah menggunakan grade A.