Gejala Covid-19, Kapa Kita Harus Mengunjungi Dokter?

17

Dewasa ini, salah satu jenis penyakit yang paling berbahaya dan mudah menyebar adalah Covid-19. Bahkan saking ganasnya, virus yang menjadi penyebabnya tersebut bisa saja memberikan gejala yang kurang mengenakkan hingga merenggut nyawa seseorang.

Penyakit ini sudah menyerang semenjak dua tahun lalu, yang mana disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, atau lebih dikenal dengan nama Covid-19.

Dikutip dari www.willoughbybrewing.com menyebutkan bahwa kebanyakan orang yang telah terpapar virus ganas ini biasanya akan mengalami gejala yang mirip seperti penyakit flu biasa, namun dengan rentetan yang lebih sering dengan skala ringan, sedang, hingga parah.

Khusus buat pasien yang mengalami gejala ringan hingga sedang, maka bisa melakukan pengobatan dan isolasi mandiri karena bisa sembuh tanpa pengobatan khusus.

Namun jika gejala berkembang menjadi parah, maka perhatian medis akan sangat diperlukan. Apalagi jika seorang penderita tersebut memiliki riwayat penyakit berat sebelumnya, maka akan semakin diperparah dan bisa mengarah kepada kematian.

Cara Covid-19 Menyebar

Pemerintah kita sudah seringkali menghimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker dan jaga jarak.

Ini semata-mata demi menghentikan rantai penyebaran Covid-19 yang bisa menyebar dari mulut atau hidung orang yang telah terinfeksi melalui partikel cairan kecil (droplet) ketika mereka batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bahkan sekedar bernafas.

Partikel-partikel ini bisa berkisar antara tetesan cairan yang lebih besar (terlihat) hingga aerosol yang sangat kecil, sehingga rentan terpapar virus tanpa kita sadari sama sekali.

Menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi dan kemudian telapak tangan beralih ke area mata, hidung, dan mulut juga bisa menjadi indikator kita terkena virus Covid-19 yang berbahaya.

Untuk alasan ini jugalah, pemerintah kita menutup berbagai macam tempat-tempat ramai dimulai dari pasar hingga tempat wisata karena menjadi area paling rentan menyebarkan virus.

Gejala Covid-19 yang Mesti Diwaspadai

Jika kamu baru saja pulang dari luar lalu sehari kemudian mengalami gejala-gejala terkait Covid-19, maka harus segera meningkatkan imunitas dengan cara-cara tertentu.

Adapun gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Gejala umum berupa demam, batu, kelelahan, dan kehilangan rasa atau indera penciuman.
  • Gejala kurang umum berupa sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri tubuh, diare, ruam pada kulit, dan mata merah.
  • Gejala serius bisa meliputi sulit bernafas, sesak nafas, kehilangan kemampuan untuk berbicara, kehilangan mobilitas, kebingungan, dan nyeri dada.

Segera bawa diri kamu ke unit kesehatan terdekat jika sudah mengalami gejala serius demi mendapatkan pengobatan dan perawatan secara tepat.