Gunakkan Jasa Import Alibaba Biar Lebih Lancar

25 1

Pendapat umum mengatakan bahwa melakukan import produk dari Alibaba ke negara kita cukup ribet karena harus berurusan dengan bagian perpajakan.

Nyatanya tidak semenakutkan yang kamu pikirkan. Selama persyaratannya lengkap, maka barang bisa sampai dengan selamat hingga ke tangan kita.

Kita juga tak perlu memiliki perusahaan atau kredensial apapun sebagai pembeli. Faktanya, sebagian besar pemasok yang ada di Alibaba tak peduli dengan siapa mereka bekerja sama selama kita membeli barang dalam jumlah besar, membayar tepat waktu, dan memesannya secara konsisten.

Untuk cara belanja di Alibaba pun hampir sama ketika kamu memesan barang di toko online Indonesia.

Bedanya, ada satu tahapan yang tak dimiliki oleh ecommerce B2C biasa, yakni mengontak pemasok untuk melakukan negosiasi harga.

Kita Harus Memesan Banyak

Dikarenakan kita harus memesannya dalam jumlah besar, maka wajib menghubungi pemasok terlebih dahulu agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Perlu diingat bahwa Alibaba merupakan ecommerce yang melayani pembeli dan penjual di seluruh dunia, jadi ada baiknya kamu paham bahasa Inggris.

Bahkan bahasa ini menjadi syarat pertama agar kamu bisa sukses berjualan produk yang didapatkan dari Alibaba.

Jika misalnya tak bisa, mungkin bisa menggunakan jasa forwarder yang mampu mengurus segalanya untuk kamu.

Antara Pajak dan Budget

Perlu ditekankan juga bahwa harga dari barang yang kita beli kemungkinan bisa naik setidaknya 30% dari harga asli barang. Ini karena ada pajak yang harus dibayarkan saat masuk ke Indonesia.

Jadi jika misalnya kamu memborong barang di Alibaba dengan total belanja 100 juta, maka harus menyiapkan pajak sebesar 30 juta.

Tapi ini hanyalah perkiraan semata. Demi mendapatkan nilai yang lebih akurat, kamu harus menghubungi jasa forwarder dan berkonsultasi dengan mereka.

Pasalnya, setiap barang memiliki harga dan pajak berbeda, apalagi tipe barang mewah yang bahkan bisa mencapai antara 100-200% dari nilai barang itu sendiri.

Tak heran jika barang-barang elektronik hingga mobil harganya bisa meningkat berkali-kali lipat saat kita jual di Indonesia demi terhindar dari kata tekor.