Ini Dia Porsi dan Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama, Simak Baik-baik Ya!

Ini Dia Porsi dan Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama Simak Baik baik Ya

Ketika si kecil sudah masuk usia 6 bulan, dimana pada usia tersebut sudah seharusnya diberikan makanan pendamping ASI untuk si kecil, banyak ibu yang bertanya-tanya, menu apa yang tepat untuk mereka?

Menu kerap menjadi hal utaam yang dipertanyakan oleh para ibu karena hal tersebut kadang memang membingungkan.

Tapi perlu diketahui bahwa bukan hanya menu yang harus diperhatikan, berapa porsi yang diperlukan, tekstur MPASI 6 bulan pertama, serta waktu makan bayi juga perlu menjadi perhatian.

Porsi, Waktu, Serta Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama

Porsi, waktu makan, serta tekstur MPASI 6 bulan pertama adalah hal penting yang wajib diketahui para ibu, terutama ibu muda yang belum berpengalaman. Eits tapi ingat ya, makanan pendamping ASI bukan makanan utama untuk bayi, jangan sampai kamu stop memberikan ASI atau susu formula pada bayi.

Seperti namanya, makanan ini hanyalah “pendamping” ASI yang berfungsi sebagai pelengkap nutrisi, bukan pengganti nutrisi yang ada pada ASI. Lalu seperti apakah porsi makan, waktu, serta teksturnya? Berikut penjelasannya.

Porsi Makan untuk Bayi 6 Bulan

Pada usia 6 bulan bayi baru mulai beradaptasi dengan makanan pendamping yang ibu berikan. Karena itulah  ibu harus sabar, tidak boleh memaksakan makanan harus habis dilahap si kecil.

Porsi makan untuk bayi 6 bulan bisa dimulai dengan sekitar 1 sendok teh bubur atau sereal yang dicampurkan dengan 4 sampai 5 sendok teh ASI atau susu formula. Nanti setelah si kecil mulai terbiasa, kamu bisa menambahkan porsi makan nya menjadi 1 sendok makan. Nah porsi seperti ini bisa kamu berikan sebanyak 2 kali sehari.

Kapan Waktu yang Baik untuk Memberi Makan Bayi Usia 6 Bulan?

Terdapat jadwal yang bisa diikuti sebagai jadwal makan bayi usia 6 bulan.

  • 30 atau ketika bayi bangun tidur, berikan ASI atau susu formula pada bayi.
  • 00, waktunya sarapan, berikan MPASI yang cocok.
  • 30, berikan kembali ASI atau susu formula sampai bayi kenyang.
  • 20, berikan ASI atau camilan pada bayi.
  • 30, berikan ASI atau susu formula.
  • 00, waktunya bayi usia 6 bulan makan malam, berikan MPASI yang sudah disiapkan.
  • 30, berikan ASI atau susu formula sebelum bayi tidur.

Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama

Setelah mengetahui porsi serta jadwal makan pada bayi usia 6 bulan, saat ini mari bahas mengenai tekstur mpasi 6 bulan pertama.

Untuk bayi usia 6 bulan, tekstur makanannya adalah semi cair. Orang tua perlu memberikan makanan berupa bubur atau puree yang sudah pasti halus. Tekstur makanan semi cair yang dimaksud ialah tidak terlalu kental namun juga tidak terlalu cair seperti air.