Ketahui Syarat Kirim Barang ke Turki Berikut!

kirim barang ke Turki

Anda yang belum pernah mengirim barang ke Turki mungkin bingung apa saja syarat dan ketentuannya. Sebenarnya, prosedur mengirim barang ke luar negeri tidak serumit yang dibayangkan selama mengetahui syarat kirim barang ke Turki.

Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi Saat Kirim Barang ke Turki

Syarat mengirim barang ke luar negeri tidak jauh berbeda dengan dalam negeri. Namun, karena jarak dan lokasinya berada di lintas negara, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan, baik dari segi penulisan alamat, nomor hingga isi paket.

Berikut ini beberapa syarat tersebut:

  1. Besar dan Berat Paket Harus Aktual

Hal mendasar yang perlu Anda ketahui saat akan mengirim paket ke Turki adalah mengukur berat dan besar paket secara benar. Setiap ekspedisi memiliki aturan terkait volume masing-masing paket.

kirim barang ke Turki 2

Apabila ukuran paket melebihi batas standar, maka pengirim akan dikenai biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini juga berlaku untuk paket yang volume atau ukurannya lebih besar daripada berat aktual.

  1. Penulisan Alamat dan Penerima Jelas

Alamat penerima menjadi kunci utama agar barang yang dikirim sampai ke tangan penerima. Oleh karena itu, penulisan alamat harus jelas. Mulai dari negara tujuan, provinsi, kota dan detail lokasi.

Tidak hanya itu, penulisan nama juga harus jelas. Pastikan Anda menggunakan nama lengkap disertai nomor telepon yang dapat dihubungi. Akan lebih baik jika tidak hanya mencantumkan satu nomor telepon.

  1. Isi Paket Bukan Berupa Barang Terlarang

Pengirim harus jujur mengenai isi dalam paket. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pelanggaran transaksi hingga ledakan saat dalam perjalanan.

Jasa kirim barang ke Turki yang Anda gunakan akan memberitahukan barang apa saja yang tidak boleh dikirim. Namun, pada umumnya barang larangan tersebut adalah apa-apa yang mudah terbakar dan meledak, misalnya baterai dan lain sebagainya.

  1. Membayar Sesuai Tarif

Paket akan diproses ketika pengirim telah melunasi biaya kirim. Biaya kirim tersebut sesuai dengan jenis paket yang dipilih. Apakah paket reguler, cepat atau jenis ekonomis.

Apabila pembayaran kurang, maka Anda harus melunasi terlebih dahulu. Setelah itu, barang akan langsung diproses sesuai estimasi waktu pengiriman yang telah disebutkan pihak jasa kirim.

  1. Menyetujui Ketentuan Pengiriman

Sebelum memilih jasa kirim, pastikan Anda membaca dan memahami ketentuan dalam pengiriman. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas atau sulit dipahami, silahkan bertanya kepada customer servis melalui kontak yang tertera.

Untuk lebih mudahnya, silahkan meminta rekomendasi jasa kirim ke luar negeri terbaik kepada yang berpengalaman. Anda juga bisa mencari di Google untuk mendapatkan informasi terkait. Mengingat saat ini semua bisa dilakukan serba online.

  1. Pahami Ketentuan Pick Up

Saat ini, beberapa jasa kirim paket ke luar negeri, termasuk Turki menyediakan layanan pick up. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak semua daerah bisa mendapatkan layanan ini.

Pelanggan yang berada di luar jangkauan pick up tentu harus datang secara mandiri membawa paket yang hendak dikirimkan. Sekalipun barang tersebut untuk tujuan ekspor jumlah banyak. Biasanya, layanan jemput paket ke rumah hanya tersebut di kawasan tengah kota.

Jika telah mengetahui syarat kirim barang ke Turki, Anda tentu bisa mengirim paket dengan benar, mudah dan nyaman. Pastikan menggunakan jasa kirim terbaik agar barang cepat sampai ke alamat tujuan. Salah satu rekomendasinya adalah Kilo.id.