Lampu Tenaga Surya Sensor

25

Ketika lampu tenaga surya kamu tidak menyala, maka jangan buru-buru membuang dan membeli yang baru, melainkan ada beberapa hal yang wajib kamu cek terlebih dahulu.

Pertama, apakah baterainya sudah ngedrop atau aus? Panel suryanya yang bermasalah? Atau sensor geraknya yang tidak bekerja?

Pada kebanyakan kasus, jika baterai dan panel suryanya baik-baik saja, kemungkinan besar masalah terletak pada sensor cahaya yang tak mampu mendeteksi cahaya atau gerakan di sekitar lampu tersebut.

Ketika sensor mati, maka tak akan mampu mendeteksi gerak dan cahaya sehingga lampu pun tak akan menyala. Atau sebaliknya, lampu terus menyala sekalipun di siang hari menyebabkan energi terbuang percuma.

Untuk mengatasi sensor lampu tenaga surya yang error, solar light manufacturer menyarankan kita untuk melakukan beberapa kiat sederhana seperti berikut.

Cek Apakah Sakelar Mati atau Tidak

Periksa sakelar on/off pada lampu tenaga surya yang kamu miliki dan pastikan sudah dalam keadaan ON.

Ada beberapa model lampu tenaga surya yang mengharuskan kita menekan tombol yang terdapat di dalam lubang kecil menggunakan sepotong logam seperti penjepit kertas.

Cek Sensor Gerak dan Gelap/Terang

Untuk mengetahui apakah sensor tersebut terganggu atau tidak, maka kita harus melihat area itu sendiri secara langsung.

Pastikan tidak ada debu, kotoran, atau bahkan stiker yang menempel dan menghalangi.

Ada pula kemungkinan bahwa lampu mungkin dipasang terlalu rendah ke tanah sehingga tidak dapat mendeteksi ketika ada sesuatu yang lewat atau melihat kondisi gelap terang tersebut di luar ruangan. Jadi, pastikan kamu memasangkan lampu agak tinggian.

Jika masih tak berhasil, cobalah lepas baterai selama 10 menitan untuk mereset lampu tenaga surya agar sensor kembali berfungsi.

Rawat Sensor Secara Teratur

Sama halnya seperti panel surya, sensor lampu tenaga surya pun haruslah kita rawat setiap waktu agar terhindar dari kotoran dan debu yang menempel, terutama jika kamu tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi.

Sensor ini merupakan detektor yang terbuat dari semikonduktor silikon PN-Junction yang sensitif terhadap cahaya.

Dengan kata lain, kita harus benar-benar merawatnya dengan baik agar tetap bekerja sebagaimana biasanya.