Manfaat Dan Kandungan Buah Wortel

gambar unggulan

Manfaat Dan Kandungan Buah Wortel  – Wortel merupakan sejenis sayuran yang kaya akan zatdan kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, berikut ini kandungan wortel yang perlu Anda ketahui.

wortel min 2

Karbohidrat

Kandungan yang dimiliki oleh buah wortel yang pertama yaitu karbohidrat yang mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga tidak secara langsung meningkatkan kadar gula pada darah saat setelah dikonsumsi, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Serat

Yang kedua yaitu berbagai macam serat seperti pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang berfungsi bisa membantu menurunkan kadar gula yang ada pada darah yaitu dengan cara memperlambat proses pencernaan pada gula dan pati.

Senyawa Lainnya

Pada wortel juga mempunyai beberapa jenis senyawa seperti karotenoid, likopen, antioksidan, beta karoten dan alfa karoten yang berfungsi dapat melindungi tubuh dari sel kanker.

Bisa Meningkatkan Metabolisme

Untuk manfaat pada wortel yang pertama untuk kesehatan yaitu bisa membantu dalam meningkatkan metabolisme, dengan mengkonsumsi wortel maka bisa meningkatkan level pada energi serta metabolisme.

Dapat Menyembuhkan Luka

Dengan kandungan buah wortel beta karoten yang tinggi pada wortel ini yang akan diubah menjadi retinol yang merupakan salah satu bentuk murni dari Vitamin A, yang mempunyai manfaat untuk kesehatan dalam membantu penyembuhan luka karena kandungan vitamin A yang bisa mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Pada wortel ini mempunyai kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada jantung serta bisa memberikan perlindungan pada kanker, penyakit jantung serta bisa memperlambat efek penuaan.

Melawan Efek Buruk Radikal Bebas

Wortel yang merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dengan berwarna orange yang mengandung zat dengan fungsi untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak tubuh dari dalam.

Bisa Menurunkan Kolesterol

Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jika seseorang yang mengkonsumsi wortel paling sedikit enam dalam waktu satu minggu maka dapat membantu dalam menurunkan kolesterol yang tinggi, dengan kandungannya yang tinggi serat namun rendah kalori dan lemak yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak beta karoten pada setiap hari maka akan mengurangi resiko dari kanker payudara, seperti wortel yang juga mengandung beta karoten sehingga dengan mengkonsumsinya bisa mengurangi resiko dari kanker payudara.

Menjaga Kesehatan Otak

Adapun manfaat selanjutnya pada sayuran wortel yaitu mampu menjaga kesehatan pada otak, dengan asupan tinggi sayuran umbi akar termasuk wortel bisa memperbaiki daya ingat dan daya kognitif seseorang.

Mengatasi Kulit Berminyak

Pada kulit sayuran wortel dapat bermanfaat dengan mengatasi kulit berminyak, dengan menggunakan wortel sebagai perawatan dirumah maka akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan bersih serta bisa mengontrol minyak yang ada pada kulit.

Demikianlah informasi mengenai kandungan buah wortel yang perlu untuk Anda ketahui bagi kesehatan tubuh Anda.