Manfaat Minuman Coklat Di Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Minuman Coklat Di Kehidupan Sehari hari

Banyak manfaat minuman coklat bagi kesehatan yang harus kalian tahu. Selain menjadi camilan lezat, coklat juga bagus untuk memperbaiki mood seseorang. Hanya saja tetap harus memperhatikan takaran coklat yang dikonsumsi.

Umumnya, konsumsi coklat yang terlalu berlebihan malah memberi efek buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi, usahakan lebih cermat untuk mengkonsumsi coklat. Biasanya coklat dapat dicampur dengan beberapa bahan seperti kue, es krim, biskuit hingga permen.

Coklat kaya kandungan antioksidan, termasuk, flavonoid, katekin dan polifenol. Berkat kandungan tersebut, tak heran coklat punya banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

1. Bisa meningkatkan mood

Manfaat minuman coklat yang pertama ini tidak perlu diragukan lagi bagaimana kualitasnya. Sejak dulu, coklat memang dikenal sebagai minuman yang bisa memperbaiki mood seseorang.

Penelitian menunjukkan jika konsumsi coklat bisa menurunkan hormon kortisol yang dalam tubuh ketika stres. Dan akhirnya merangsang otak agar melepaskan lebih banyak hormon endorfin serta serotonin.

Lebih lanjut, hal tersebut membuat peminum minuman coklat menjadi lebih bahagia dibanding mereka yang tidak suka minum coklat.

2. Menjaga nafsu makan seseorang

Ada studi yang menyebut bahwa makan coklat sebelum ataupun sesudah makan bisa memberi efek kenyang yang lumayan lama. Hal tersebut mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi camilan yang malah memicu bertambahnya berat badan seseorang.

Dari studi tersebut disimpulkan bahwa konsumsi cokelat dalam jumlah tertentu mampu mengendalikan nafsu makan. Sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan serta menjaga berat badan agar ideal.

3. Mempertahankan kesehatan jantung serta pembuluh darah

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa minuman coklat mengandung flavonoid yang bagus untuk tubuh. Di mana kandungan flavonoid di dalam cokelat bisa melancarkan aliran darah tubuh.

Selain itu juga bagus untuk mengurangi resiko penyumbatan pada pembuluh darah. Efek tersebut menjadikan coklat menjadi salah satu makanan terbaik yang cocok untuk mencegah penyakit jantung dan juga stroke.

Hanya saja perlu penelitian lebih lanjut apakah benar minuman ini bisa mengatasi masalah stroke. Namun di berbagai kasus, sudah terbukti bahwa coklat memang bagus untuk mencegah stroke.

4. Mengontrol kadar gula dalam darah

Kandungan flavonoid di dalam cokelat punya banyak manfaat. Misalnya yang paling populer adalah bisa mengontrol kadar gula di dalam darah.

Manfaat inilah yang membuat coklat sangat bagus untuk mencegah resistensi insulin serta gangguan diabetes. Agar mendapat manfaat tersebut, usahakan lebih cermat saat memilih coklat.

Pilihlah coklat yang terbebas dari gula tambahan. Pasalnya coklat dengan gula tambahan justru menyebabkan diabetes. Cek dulu kandungan gula di dalam coklat agar tidak salah memilih coklat.

Minuman coklat punya banyak manfaat yang perlu diperhatikan oleh pengonsumsinya. Tak heran sekarang banyak yang beralih ke minuman sehat ini dibanding konsumsi alkohol.