Cara Mudah Membuat Ramuan Jamu Kunyit Untuk Kesehatan

ramuan herbal kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis herbal yang dikenal kaya akan khasiat. Ada sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jamu ramuan kunyit. Namun, bagaimana cara mudah untuk membuat ramuan jamu kunyit?

Kekayaan Manfaat Dari Kunyit

Riset yang mengupas mengenai manfaat dan kandungan senyawa penting dalam kunyit sudah sangat banyak. Kunyit terbukti kaya akan unsur fitokimia seperti flavonoid, atsiri, curcuminoid, turmeric dan masih banyak unsur penting lain. Dilengkapi dengan sejumlah unsur mineral seperti zat besi, mangaan, kalium dan banyak lagi.

Dari sederet kandungan senyawa dan mineral penting dalam kunyit ini Anda akan menemukan sejumlah manfaat penting dari mengonsumsi ramuan jamu kunyit.

Sebut saja seperti sebagai anti inflamasi yang sangat aktif, memiliki efek penyembuh pada luka dan tukak, baik menetralkan kadar asam lambung berlebihan, sebagai anti kanker, membersihkan dinding rahim, memiliki efek baik untuk kesehatan hati, merawat pembuluh darah dan baik pula untuk fungsi saraf pusat.

Meski demikian, ada efek samping kunyit yang perlu Anda waspadai. Seperti dapat memberi efek mencairkan darah, memicu gangguan ginjal dan pada wanita hamil efeknya dapat memicu perdarahan dan keguguran. Namun kunyit pada dasarnya adalah herbal yang sangat baik untuk kesehatan.

Hanya saja, sebaiknya konsumsi kunyit dengan bijak dan tidak berlebihan untuk meredakan efek sampingnya. Jangan konsumsi berketerusan dalam jangka panjang karena mungkin dapat memicu gangguan ginjal.

membuat ramuan jamu kunyit

Cara Mudah Untuk Membuat Ramuan Jamu Kunyit

Membuat ramuan jamu kunyit sebenarnya kini bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan bubuk kunyit yang banyak tersedia di pasaran. Cukup dengan campurkan bubuk kunyit dan air hangat, kemudian tambahkan madu atau gula aren cair serta air lemon untuk membantu memudarkan rasa getir khas dari kunyit.

Namun bila Anda ingin membuat ramuan jamu kunyit dengan bahan segar, juga sebenarnya tidak terlalu sulit. Prosesnya relatif mudah dan tidak memakan waktu. Anda cukup menyediakan rimpang kunyit segar. Untuk mendapatkan hasil cukup banyak Anda bisa siapkan setidaknya 10 jari rimpang kunyit yang segar.

Awali proses membuat ramuan jamu kunyit dengan mengupas dan mencuci bersih rimpang kunyit. Hilangkan bekas tanah dan kulit ari dari kunyit. Pastikan Anda memilih kunyit dengan warna kuning jingga yang terang bukan bagian yang berwarna pucat.

Kemudian setelah Anda bersihkan, masukan kunyit tadi ke dalam mesin blender bersama air hangat sebanyak 1 gelas dan haluskan hingga tidak ada lagi serpihan kunyit kasar tersisa.

Setelah kunyit halus, saring cairan ramuan kunyit tadi hingga serat seratnya tertahan. Masukan cairan kunyit yang sudah Anda saring bersih tadi dalam botol yang sebelumnya sudah Anda sterilkan. Lalu segera simpan ke dalam mesin pendingin.

Kunyit sebaiknya tidak Anda olah atau masak, karena kunyit mentah mengandung unsur unsur senyawa yang lebih lengkap dan sempurna ketimbang kunyit yang telah diolah sebelumnya. Meski ramuan herb kunyit ini juga bisa Anda tambahkan pada masakan sebagai bumbu masak. Meski tidak sebaik kunyit mentah, kunyit olahan juga tetap mengandung banyak manfaat.

Anda bisa masukan cairan ramuan jamu kunyit tadi sebanyak 2 sendok makan untuk Anda campurkan ke dalam air segelas, perasan lemon dan madu untuk Anda konsumsi baik dingin maupun hangat. Beberapa orang juga menambahkan potongan daun mint untuk memperkaya rasa pada jamu kunyit.

Lakukan terapi dengan membuat ramuan jamu kunyit ini dan mengonsumsinya dalam beberapa pekan setiap hari. Ini untuk merawat kesehatan Anda dan terapi pengobatan tradisional. Pastikan mengonsumsinya dengan berjarak sekitar 1 jam dari obat rutin yang Anda konsumsi supaya tidak mempengaruhi proses penyerapan senyawa dalam obat obatan tersebut.