Menyusui dan ASI: APA ITU?

dot bayii

Produk Bayi TerbaikASI lebih mudah dicerna. Bagi kebanyakan bayi, terutama bayi prematur, ASI lebih mudah dicerna daripada susu formula. Protein yang ada dalam susu formula berasal dari susu sapi dan perut bayi membutuhkan waktu untuk membiasakan diri mencernanya.

Susu digunakan untuk melawan penyakit. Sel, hormon, dan antibodi yang ada dalam ASI melindungi bayi dari penyakit. Jenis perlindungan ini unik: susu formula tidak memiliki komposisi kimia yang sama dengan ASI, bahkan infeksi telinga dan diare lebih sering terjadi pada bayi yang diberi susu formula. Bayi yang diberi susu formula juga berisiko lebih besar menderita:

ENTEROCOLITIS NECROTIZING, PENYAKIT YANG MEMPENGARUHI SISTEM PENCERNAAN ANAK PREMATUR,

INFEKSI SALURAN PERNAPASAN BAWAH,

ASMA,

KEGEMUKAN,

DIABETES TIPE 2.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui juga dapat menurunkan risiko bayi menderita diabetes tipe 1, leukemia pada masa kanak-kanak, dan dermatitis atopik (ruam kulit).

 

Manfaat ASI bagi ibu

Ada juga banyak keuntungan dari sudut pandang ibu:

 

KEHILANGAN DARAH LEBIH KURANG SETELAH KELAHIRAN DAN PEMULIHAN LEBIH CEPAT,

KEHILANGAN LEBIH CEPAT SETELAH KELAHIRAN,

MANFAAT DARI PANDANGAN EMOSIONAL DARI KONTAK DEKAT DENGAN ANAK,

PENURUNAN RISIKO DEPRESI POST-PARTUM,

MANFAAT FISIK DAN EMOSIONAL MENYUSUI, KARENA KONTAK LANGSUNG DENGAN BAYI.

lebih-lebih lagi

 

Menyusui lebih sederhana. Pada awalnya, menyusui bisa sedikit lebih melelahkan daripada memberi susu formula, tetapi hidup akan lebih mudah setelah Anda dan bayi Anda terbiasa. Ibu menyusui tidak boleh mensterilkan botol dan dot. Mereka tidak perlu membeli, mengukur, dan mencampur susu formula dan… mereka tidak perlu memanaskan botol di tengah malam! Menyusui lebih sederhana dan lebih cepat.

Menyusui menghemat uang. Susu dan perangkat menyusui dapat berharga lebih dari seribu euro per tahun, tergantung pada seberapa banyak bayi makan. Bayi yang disusui juga menderita lebih sedikit penyakit, sehingga tagihan medis juga lebih rendah.

Menyusui baik untuk suasana hati. Kontak fisik sangat penting untuk bayi karena membantu mereka merasa lebih aman, lebih hangat, dan lebih dimanjakan. Ibu juga bisa mendapatkan keuntungan dari kontak. Menyusui mengharuskan ibu mencari waktu untuk dengan tenang dan tenang memperkuat ikatan dengan anaknya. Kontak kulit ke kulit dengan bayi baru lahir dapat meningkatkan kadar oksitosin pada ibu, hormon yang merangsang produksi ASI dan menenangkan ibu.