Olahraga di Rumah Untuk Anak yang Mudah Dengan Benda Sederhana

Olahraga di Rumah Untuk Anak yang Mudah Dengan Benda Sederhana

Memasuki usia sekolah, anak pasti akan lebih aktif bergerak dan berolahraga. Namun, bagaimana jika cuaca di luar tidak mendukung atau keadaan tidak memungkinkan Anda untuk keluar rumah? Solusinya tentu tidak harus mahal karena ada banyak jenis olahraga SD yang bisa dinikmati oleh si kecil di rumah sambil bermain. Olahraga di rumah untuk anak tentunya lebih menyenangkan bisa dilakukan bersama keluarga.

Benda Untuk Olahraga Anak di Rumah

1. Tangga Rumah

Di rumah, anak-anak sering kurang bergerak. Jadi, Anda bisa mengajak anak Anda untuk melakukan langkah sederhana naik turun tangga sebanyak 5 kali. Mungkin anak akan merasa lelah pada awalnya. Namun, Ibu dapat mendorongnya untuk melakukan yang terbaik. Jika sudah terbiasa, tambahkan 10-15 kali intensitas olahraga untuk anak SD.

2. Botol Minum

Sejak usia 7 tahun, anak sudah bisa mulai diajak angkat beban. Namun, sebagai permulaan, beban tertentu tidak boleh terlalu berat. Anda bisa menggunakan botol berisi air, lalu ajak anak Anda melakukan overhead lift beberapa kali. Olahraga anak SD ini bisa melatih keseimbangan anak dan menguatkan ototnya.

3. Kursi

Olahraga di rumah untuk anak berikutnya yang bisa dimainkan dengan benda-benda di rumah yaitu gerakan chair tap. Untuk bisa melakukan latihan ini, Anda perlu menyiapkan bangku yang sejajar dengan lutut anak.

Selanjutnya, menghadap kursi dan angkat satu lutut lebih tinggi untuk menyentuh ujung kursi. Lakukan secara bergantian seolah-olah Anda sedang berlari di tempat. Gerakan ini dapat mengaktifkan detak jantung anak untuk memperlancar sirkulasi darah tubuh.

4. Handuk

Salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah yaitu yoga dan peregangan. Jika Anda tidak memiliki matras yoga, Anda bisa menggunakan handuk sebagai gantinya. Tentu saja, handuk tidak setebal dan senyaman matras yoga.

Karena itu, handuk bisa ditumpuk banyak. Kemudian lakukan beberapa gerakan yoga sederhana atau regangkan saja. Untuk pengoptimalan lebih lanjut, Anda bisa mengajak si kecil menonton video tentang cara melakukan yoga sederhana atau latihan peregangan secara online yang cocok untuk anak-anak.

5. Permainan Halang Rintang

Ada juga pilihan olahraga yang lebih menyenangkan untuk anak-anak sekolah dasar, yaitu rintangan. Obstacle crossing merupakan suatu kegiatan dimana ibu harus melakukan beberapa rintangan menggunakan peralatan rumah tangga yang harus diatasi oleh anak.

Misalnya, susun kursi dengan pola zigzag dan anak harus melompati kursi tanpa menyentuh tanah. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat melatih keseimbangan dan kemampuan memecahkan masalah anak.

Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Ada banyak olahraga untuk anak SD yang bisa dimainkan dengan barang-barang di rumah. Selain baik untuk kesehatan fisik karena anak selalu aktif, berolahraga di rumah juga dapat menciptakan waktu yang berkualitas bagi anak. Setelah berolahraga, Anda dapat mengembalikan energi anak Anda dengan secangkir MILO 3in1 dingin.

Satu cangkir MILO 3in1 mengandung manfaat ekstrak malt dan susu dengan rasa coklat yang nikmat. Kaya akan vitamin kompleks B, C, D, zat besi, kalsium dan nutrisi lainnya, MILO 3in1 membantu anak-anak tetap aktif. Sehingga bisa mendapatkan kembali energi setelah olahraga di rumah untuk anak.