Pengertian dan Efek samping dari penggunaan Neuralgin

gambar unggulan

Review Neuralgin, Redakan Nyeri Sendi | Popmama.com Community

Ketika mengalami sakit kepada badan kita ini kan terasa nyeri, salah satu obat yang bisa di konsumsi adalah neuralgin.  pada kesempatan kali ini mari kita bahas lebih lengkap mengenai obat yang satu ini.

 

Apa itu obat Neuralgin?

Obat Neuralgin ini merupakan obat yang masuk ke dalam golongan anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang baik di gunakan untuk meredakan nyeri. Beberpa varian obat ini di jual dengan bebas dan dangat mudah untuk Anda temukan di apotik. Tapi ada juga beberapa jenis lainnya yang harus dibeli dengan resep dari dokter.

Obat yang satu ini bisa di gunakan untuk mengatasi rasa sakit yang ringan misalnya sakit gigi, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri haid, gangguan saraf ringan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Efek samping Neuralgin

Beberapa obat yang ada berpotendi menimbulkan efek samping, walaupun efek samping ini belum tentu dirasakan semua orang. efek sampingnya juga ada yang ringan hingga yang berat.

 

Efek samping umum

Ini dia beberapa efek samping yang cukup sering terjadi setelah mengkonsumsi Neuralgin.

  • mual
  • munta
  • sakit kepala
  • reaksi alergi
  • gangguan pencernaan

 

Efek samping berat

Ini dia beberapa efek samping berat yang wajib untuk Anda waspadai:

  • gangguan ginjal
  • ruam kulit

Sediaan dan dosis Neuralgin

Untuk pemberian dosis obat ini berikut cara yang baik dan benar:

  • Neuralgin RX

Untuk 1 dus Neuralgin RX, terdapau si 10 buah strip yang berupa tablet yang dibalut oleh selaput. 1 Tablet obat yang satu ini memiliki kandungan methampyrone 500 mg, cyanocobalamine 10 mcg, trimethylxanthine 50 mg, piridoksin HCl 10 mg, dan HCI 50 mg,

  1. Dosis dewasa: 3 sampai 4 kali sehari, sebanyak 1 atau 2 kaplet.
  2. Dosis anak: 3 sampai 4 kali sehari, sebanyak ½ atau 1 kaplet.

Pengunaan obat ini masih butuh petunjuk yang telah ahir. Jika Anda memiliki penyakit saluran pencernaan, agranulositosis, dan leukopenia sebaiknya hindari untuk menggunakan obat ini.

  • Neuralgin Rhema

Dalam satu dus terdapat ini 10 blister, yang di dalam 1 blister ini ada 10 buah kaplet. Kompisisi yang ada di obat ini adalah kafein 50 mg, sianokobalamin 10 mcg, piridoksin HCL 10 mg, tiamin HCL 50mg, dan natrium diklofenak 50 mg.

  1. Dosis dewasa: 3 kali sehari, sebanyak 1 atau 2 kaplet.
  2. Dosis anak: 3 kali sehari, sebanyak ½ kaplet.

Obat yang satu ini harus diminum sesuai dengan aturan yang telah di berikan oleh dokter. Bagi Anda yang punya riwayat penyakit agranulositosis, leukopenia, dan perdarahan saluran pencernaan sebaiknya hindari penggunaan obat ini.

  • Neuralgin Pain

Dalam satu dus obat ini terdiri dari 1 tube 30 mg, obat oles yang satu ini didalamya terdapat kandungan lavender oil 2%, menthol 54,4 mg, menthol 54,4 mg, dan metil salisilat 102 mg. saat di gunakan oleskan tipis tipis di bagian yang terasa sakit, jangan di pakai di kulit yang sedang luka. Jangan di berikan kepada anak yang usianya masih di bawah 2 tahun.

 

Interaksi dengan obat lain

Obat ini juga bisa menyebabkan interaksi saat digunakan bersamaan dengan obat lain yaitu:

  • Beberapa obat yang bisa mempengaruhi sistem saraf misalnya obat penenang dan neuroleptic bisa membuat efek analgesik Neuralgin.
  • Jika menggunakan obat ini dengan allopurinol, kontrasepsi, dan antidepresan, bisa memecahkan komposisi dan resiko toksisitas meningkat