Perbedaan dan Manfaat Susu Full Cream dengan Susu UHT

Perbedaan dan Manfaat Susu Full Cream dengan Susu UHT

Susu merupakan produk yang dikenal menyehatkan bukan? Lalu, pernahkan Anda mendengar istilah susu full cream, susu UHT, dan lain-lain? Susu memang digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara pengolahan hingga karena komposisinya. Yuk, kenalan dengan perbedaan susu full cream dengan susu UHT serta manfaat dari susu full cream itu sendiri.

Perbedaan Susu Full Cream dengan Susu UHT

Susu full cream adalah susu yang digolongkan berdasarkan kadar lemak di mana kandungan lemak asli dalam susu tetap dipertahankan. Kandungan lemak dalam susu full cream biasanya sekitar 3,25%. Karena kandungan lemak yang lebih tinggi daripada susu lainnya, susu ini memiliki rasa yang lebih gurih dan legit dibandingkan susu pada umumnya.

Sementara itu, susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang digolongkan berdasarkan cara pengolahannya. Susu ini dibuat dengan memanaskan susu dengan suhu tinggi sekitar 135 C. Metode ini bertujuan agar bakteri jahat dalam susu bisa dibunuh sehingga susu lebih aman dikonsumsi dan awet disimpan.

Manfaat Susu Full Cream

Walaupun kadar lemaknya tinggi, namun kandungan nutrisi seperti kalsium, fosfor, magnesium, vitamin dan lain-lain lebih banyak dibandingkan susu pada umumnya. Agar tidak salah dalam memilih susu, simak beberapa manfaat dari susu full cream.

Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa susu full cream lebih banyak mengandung kalsium, maka susu ini bagus dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan saraf. Mengonsumsi minuman tinggi kalsium juga bisa menghindarkan seseorang terkena osteoporosis di masa depan. Mempunyai tulang dan gigi yang sehat akan sangat membantu Anda dalam menjalani aktivitas.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mineral dan vitamin, susu ini juga mengandung protein dan asam lemak esensial seperti omega 3 dan probiotik yang bagus dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan karena probiotik mendukung kehidupan bakteri baik di usus.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan vitamin B dan omega-6 dalam susu bagus dalam perkembangan otak. Vitamin B meningkatkan fungsi otak dan menjaga siklus tidur tetap baik. Omega 6 berfungsi dalam merangsang kecerdasan otak.

Meningkatkan Massa Otot

Bagi Anda yang mengalami masalah berat badan, mengonsumsi susu ini bisa menjadi solusi. Kandungan protein dan lemak dalam susu ini bagus dalam meningkatkan massa otot. Walaupun demikian untuk menambah massa otot juga harus dibarengi dengan berolahraga.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan potasium dalam susu berperan dalam mengontrol tekanan darah. Mineral ini juga membantu memperlancar peredaran darah ke organ tubuh dan mengurangi tekanan pada jantung.

Bagaimana tertarik mengonsumsi susu full cream? Salah satu susu full cream yang bagus untuk kesehatan adalah susu Dancow full cream. Cara membuat susu Dancow full cream ini pun cenderung gampang. Ambil 3 sendok makan susu ini kemudian tambahkan dengan 170 ml air. Aduk hingga larut sempurna dan susu Dancow full cream siap dinikmati.