Resep Cimol Kriuk Yang Cocok Untuk Dijual

gambar unggulan

Daftar isi konten

 

cimol min

source gambar : yummy.co.id

Cimol goreng memang menjadi salah satu jajanan yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Rasa cimol yang enak dan juga teksturnya yang kriuk dan sedikit kenyal membuat jajanan ini disukai oleh banyak kalangan. Se;ain itu bentuknya yang bulat dan tidak terlalu besar membuat makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan.

Untuk menemukan jajanan cimol inipun sebenarnya cukup mudah terutama di kota Bandung. Jika anda berkeliling di sekitaran kota Bandung maka anda akan dengan mudah menemukan jajanan yang satu ini terutama di daerah-daerah wisata dan juga dekat sekolahan yang banyak anak-anak.

Banyaknya pedagang cimol di setiap penjuru ini tidak hanya karena jajanan cimol memiliki rasa yang enak saja tetapi jajanan cimol ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga modalnya. Hal ini membuat banyak orang mencoba peruntungannya dengan berjualan cimol.

Selain karena modal bahan bakunya yang tidak mahal, proses pembuatan cimol juga dianggap cukup mudah. Mungkin ketakutan orang saat pertama kali membuat cimol adalah takut cimolnya keras dan juga meledak saat digoreng. Padahal jika kita mengikuti resep dan cara membuat cimol berikut ini, kita akan bisa mendapatkan tekstur cimol yang kriuk dan cocok untuk dijual di pasaran.

Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat cimol :

  • 900 gram tepung kanji / tepung tapioka
  • 9 sdm tepung beras
  • 6 sdt tepung terigu
  • 700 ml air
  • Baking soda secukupnya
  • Garam Secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Setelah mempersiapkan semua bahan tesebut, maka anda bisa langsung membuat cimol tersebut.

  1. Pertama masukan tepung kanji, tepung beras, dan juga tepung terigu kedalam satu wadah kemudian beri garam dan merica secukupnya. Aduk semua bahan sampai merata dan tidak ada yang menggumpal.
  2. Kedua masukan air sedikit demi sedikit kedalam adonan tadi sambal diaduk terus menerus sampai semua tercampur rata.
  3. Ketiga setelaha adonan tercampur, masukan baking soda kedalam adonan dan aduk sampai merata.
  4. Setelah adonan siap dan merata, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Lakukan proses ini sampai semua adonan habis.
  5. Panaskan minyak goreng didalam wajan dengan menggunakan api besar, kemudia setelah minyak panas masukan adonan cimol dan aduk-aduk selama prose pernggorengan agar cimol mengembang dan matang merata.
  6. Setelah cimol mengembang angkat dan tiriskan minyak pada cimol.
  7. Cimol pun sudah siap disajikan dan bisa diberi tambahan bumbu tabur sesuai dengan seleran anda.

Nah, cimol pun sudah siap untuk diperjual belikan, ingat bahwa apapun produk yang akan kamu jual, sebelum menjual tentukan dulu target pasarnya kemudian dimana kamu akan menjual produk kamu baru tentukan strategi pemasarannya.

Meskpiun produk yang kamu jual hanya sebatas jajanan sederhana seperti cimol tetapi jika kamu bisa memasarkannya dengan baik maka produk ini akan bisa dinikmati oleh beragam jenis kalangan. Karena itu penentuan target pasar seperti apa harus disesuaikan juga dengan packaging dari produk yang kamu jual.

Saat ini bahkan di e-commerce sudah banyak juga orang yang menjual cimol siap goreng yang dijual dalam kemasan vacuum. Bahkan untuk mengikuti perkembangan zaman cimol-cimol pun diberi inovasi berupa isian keju ataupun daging didalamnya. Hal itu semata-mata untuk menarik pembeli dengan produk cimol ini meskipun terkesan sederhana.