Terapi Ramuan Nanas Untuk Resep Herbal Keseleo

Ramuan nanas untuk keseleo

Jika selama ini Anda mengenal buah nanas sebagai buah tropis yang manis menyegarkan dan selalu menggoda untuk Anda nikmati bersama sambal rujak. Kali ini Anda akan melihatnya sebagai terapi untuk atasi keseleo. Bagaimana jadikan nanas sebagai resep herbal keseleo? Temukan Jawabannya di sini.

Mengapa Nanas Baik Untuk Atasi Keseleo

Nanas Untuk resep herbal keseleo

Nanas memang terkkenal sebagai buah kaya serat, mengandung banyak vitamin C , sejumlah mineral penting dan beberapa jenis unsur anti oksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi nanas dengan rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh, menjadi anti inflamasi yang membantu mengatasi peradangan ringan dalam tubuh. Di dalamnya juga terdapat kandungan anti kolesterol dan anti hipertensi.

Nanas juga terkenal baik untuk pencernaan. Bukan hanya karena kandungan serat larut dan tak larutnya yang berlimpah. Tetapi karena dalam nanas terkandung enzim pencernaan yang baik untuk melancarkan BAB dan fungsi pencernaan.

Tetapi, bagaimana nanas dapat bekerja sebagai bahan ramuan herbal keseleo? Ini berkat kandungan sejumlah unsur antioksidan dalam nanas yang dapat bekerja sebagai anti inflamasi. Dalam nanas ditemukan unsur fenolik unik yang bekerja meringankan peradangan dengan cepat.

Tidak hanya fenolik dalam nanas saja yang bekerja efektif sebagai anti inflamasi. Enzim khusus yang terkandung dalam nanas, bromelain juga merupakan enzim yang akan efektif mengatasi inflamasi.

Bromelain akan membantu meringankan ketegangan pada otot atau jaringan ikat dimana keseleo terjadi. Membantu meringankan pembengkakan yang terjadi serta membantu mempercepat proses pemulihan kerusakan yang terjadi pada jaringan ikat di area keseleo.

Penjelasan teranyar memgenai kinerja bromelain dalam nanas sebagai anti inflamasi dan penyembuh kerusakan jaringan data Anda jumpai pada jurnal Current Issues in Molecular Biology tahun 2021.

Dalam nanas juga terdapat sejumlah unsur turunan dari flavonoid yang bekerja mempercepat regenerasi jaringan ikat sehingga pemulihan bekerja lebih cepat. Bahkan memiliki efek antipiretik untuk meredakan efek demam ringan yang kadang muncul bersamaan dengan keluhan keseleo.

Bagaimana pemanfaatan buah nanas ini sebagai bahan baku ramuan resep herbal keseleo sendiri telah terungkap secara klinikal dalam laporan Randomized Controlled Trial tahun 2009.

Bagaimana Cara Mengolah Nanas Menjadi Resep Herbal Nanas?

Untuk mendapatkan khasiat nanas untuk membantu penyembuhan keluhan keseleo, Anda bisa mengolahnya menjadi ramuan resep herbal keseleo. Adapun panduan sederhana dalam membuat ramuan anti keseleo tersebut adalah sebagai berikut.

  • Siapkan buah nanas matang 1 buah, bersihkan kulitnya dan hilangkan pula mata dari nanas tersebut
  • Cuci bersih nanas dengan air bersih
  • Jangan bersihkan dengan garam karena proses pembersihan dengan garam akan menyebabkan getah nanas keluar, padahal justru getah inilah yang kaya akan anti oksidan
  • Potong potong nanas dalam ukuran sedang
  • Sebaiknya tulang tengah nanas turut dimasukan karena di sini juga terdapat banyak kandungan anti oksidan
  • Siapkan blender yang bersih
  • Isi dengan air ½ gelas dan madu 3 sendok
  • Masukan nanas yang sudah Anda potong potong
  • Blender nanas sampai seluruh serat tampak halus
  • Anda bisa minum nanas sekaligus habis atau dibagi menjadi beberapa porsi sesuai kebutuhan
  • Lakukan berulang selama beberapa hari sampai rasa nyeri pada area keseleo terasa ringan

Itulah gambaran mengenai bagaimana mendapatkan khasiat nanas untuk membantu mengatasi keluhan keseleo. Manfaatkan nanas untuk bahan utama ramuan herbal atasi keseleo dan konsumsi dengan rutin sampai keseleo sembuh. Untuk mendapatkan resep herbal keseleo dari bahan bahan alami lain yang ada di sekitar Anda, coba Anda tilik pembahasan berikut ini, https://www.deherba.com/resep-herbal-keseleo.html.