Telur Ikan Gurame, Begini Cara Menetaskannya

telur ikan gurame

Memulai ternak ikan gurame dimulai dari membeli bibit atau menetaskan telur ikan gurame. Namun telur ikan ini agak sensitif yang apabila dirawat dengan prosedur yang salah maka tidak akan berhasil menetas atau kalaupun menetas tak akan menghasilkan ikan yang terbak.

Masa saat masih berbentuk telur dan menjadi larva adalah masa kritis bagi gurame. Sebab itu sangat memengaruhi bagaimana kehidupan telur gurame nantinya.

Cara Menetaskan Telur Ikan Gurame

Berikut cara menetaskan telur ikan gurame:

Menetaskan Telur Ikan Gurame di Kolam

Jika anda ingin menetaskan telur ikan gurame maka sediakanlah kolam pemijahan khusus yang telah berisi air jernih dan bersih. Nantinya setelah induk ikan gurame memijah maka induk betina akan menjaga telur hingga menetas.

Hari ke 11 hingga 12 telur akan menetas menjadi anak ikan gurame kecil yang masih dalam sarang. Benih atau bibit ikan ini selanjutnya dipindahkan ke kolam pendederan.

Sarang telur gurame nantinya dipindahkan ke wadah plastik yang dibagi menjadi 2 hingga 3 wadah yang menyesuaikan jumlah telur.

Hindari sinar matahari langsung ke telur-telur tersebut dengan menaunginya dengan daun kelapa atau yang lainnya. Air harus senantiasa adiganti sebanyak 2 kali sehari dan ketika telah berumur antara 8 hingga 10 hari maka berilah dedak halus ataupun bagian kuning telur untuk dikonsumsi larva ikan gurame.

Cara Menetaskan Telur Ikan Gurame di Akuarium

Penetasan telur ikan gurame di akuarium akan dapat lebih mudah dikontrol sebab dengan adanya aerasi dan penyifonan akan dapat menyesuakan air yang dibutuhkan telur ikan tersebut.

Pada hari ke 8 maka saat kuning telur yang merupakan cadagan makanan larva tinnggal sedikir, maka berilah kuning telur. Ini akan sangat baik untuk pertumbuhan larva ikan gurame. Atau bisa juga dengan memberikan makanan hidup seperti rotifera yang sangat kecil.

Setelah memasuki usa 12 hari maka ikan akan diberikan makanan berupa Daphina sp, ataupun Meina sp selama 5 kali sehari. Baru setelah 15 hari setelah telur ikan gurame menetas menjadi anak ikan gurame akan dipindahkan ke kolam untuk dilakukan pembesaran.