Tidak Perlu Khawatir Lagi! Inilah Beberapa Tips Jitu untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Tidak Perlu Khawatir Lagi Inilah Beberapa Tips Jitu untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Anak yang mengalami masalah susah makan merupakan hal yang paling umum terjadi. Namun, jika hal tersebut terus berlanjut dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan kesehatannya terganggu. Maka dari itu, cobalah berbagai macam cara untuk mengatasi susah makannya.

Namun kalian tidak perlu khawatir lagi, sebab kami akan memberikan beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini.

Jangan Khawatir, Ini Dia Beberapa Tips Jitu untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Perlu diingat juga bahwa anak-anak memiliki ukuran perut lebih kecil dari pada orang dewasa. Jadi tentukan dulu porsi makanannya. Ini dia beberapa cara mengatasi anak yang susah makan, apa saja itu?

  1. Sabar dan Tetap Konsisten

Para orang tua seharusnya lebih sadar dalam mengahadapi kasus anak yang susah makan. Jangan sampai kehabisan ide untuk menawarkan makanan baru dan semenarik mungkin. Selalu semangat menyiapkan menu baru agar buah hati memiliki selera makan lagi.

  1. Berilah Porsi Sesuai

Coba berikan porsi kecil terlebih dahulu supaya para orang tua tahu takaran untuk anak. Bila dia meminta lebih, maka berikanlah porsi yang lebih. Jadi, tidak perlu memaksakan kehendak bahwa anak harus menghabiskan makanannya tersebut.

  1. Membuat Tampilan Semenarik Mungkin

Hampir setiap anak memiliki ketertarikan melihat visal yang menarik. Jadi, usahakan selalu membuat tampilan semenarik mungkin untuk makanan. Buatlah makanan dengan tampilan lucu dan berilah nama agar selera makannya jadi naik.

  1. Coba Biarkan Anak Memilih

Membiarkan anak sesekali memilih menu makanan apa saja yang mereka suka juga salah satu cara sederhana untuk mengtasi masalah tersebut. Coba tanyakan dahulu kepada anak apa yang mereka ingin makan, misalkan memilih di antara sayur brokoli atau wortel dan nantinya mau dimasak seperti apa.

  1. Ikut dan Duduk Makan Bersama Anak

Karena pada usia tersebut anak-anak cenderung mencontoh hal-hal yang ada di sekitarnya. Para orang tua bisa membuat contoh untuk ikut serta makan bersama anak. Dengan begitu masalah hilangnya nafsu makan pada anak bisa teratasi dengan mudah

  1. Hindari Memberikan Ancaman

Hal ini sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah makan pada anak. Sebaiknya para orang tua menghindari segala perlakuan yang berhungan dengan hadiah atau hukuman. Hal tersebut bisa membentuk kepribadian anak menjadi buruk.

Pastikan dulu untuk memahami pola serta sikap dari anak-anak kalian sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah mengontrol pola perilakunya khususnya untuk pola makan sehari-hari. Jangan sampai membentak anak, karena akan berakibat buruk dengan mental kepribadiannya nanti.

Itulah beberapa cara jitu untuk mengatasi masalah anak yang susah makan. Jadilah orang tua yang pengertian terhadap anak, supaya buah hati kalian juga memiliki kepribadian yang baik.