Tiga rutinitas perawatan wajah pria

gambar unggulan

Body Serum untuk Sehari-hari – Menurut para ahli, penuaan kulit pria lebih lambat tetapi lebih intens.

Usia dan jenggot adalah beberapa faktor penentu dalam perawatan wajah untuk pria

Selama bertahun-tahun, merek kosmetik berfokus pada wanita, audiens setia yang peduli dengan menghindari munculnya kerutan dan mempertahankan kulit awet muda. Namun, tabel telah berubah. Dengan booming metroseksualitas di awal 2000-an, gagasan bahwa pria juga harus merawat kulit mereka dan tidak kehilangan kejantanan mereka muncul. Pada artikel ini kami akan membahas apa rutinitas perawatan wajah pria terbaik dan produk apa yang dapat ditemukan di apotek untuk itu.

“Protokol perawatan wajah pria harus disesuaikan dengan kebutuhan, usia dan jenis kulit masing-masing. Kulit wajah pria pria yang bercukur setiap hari tidak memiliki kebutuhan yang sama dengan yang berjenggot misalnya,” jelasnya. Manuel García Fernández, anggota Dermopharmacy dari College of Pharmacists of Malaga.

Langkah-langkah perawatan wajah untuk pria

Pertama-tama, ahli menunjukkan bahwa hal yang benar adalah bertindak pada kulit tiga kali sehari: “Pada pagi hari setelah bangun, siang hari dan terakhir di malam hari”. Pada setiap saat, rutinitasnya akan berbeda:

Di pagi hari: jika Anda memiliki janggut, cucilah dengan sampo yang sesuai dan oleskan krim pelembab atau anti-kerut ke seluruh wajah Anda. Jika Anda tidak memiliki janggut, cukur (bisa kering atau basah) dan perawatan selanjutnya dengan setelah bercukur. Ada produk yang menggabungkan efek setelah bercukur dengan sifat pelembab dan anti-kerut.

Pada siang hari: lindungi kulit dengan photoprotector, tergantung pada phototype (kulit lebih terang, lebih gelap…) dan waktu pemaparan. Jika ragu, apoteker harus berkonsultasi untuk merekomendasikan produk yang sesuai.

Pada malam hari: ini adalah waktu terbaik untuk menerapkan perawatan anti-kerut atau depigmentasi. Tergantung pada usia atau kebutuhan, Anda dapat memilih dari produk pelembab sederhana hingga kulit asam tergantung pada hasil yang diinginkan.

“Di apotek kami dapat menemukan berbagai macam produk untuk penggunaan pria, beberapa diformulasikan langsung untuk pria dan lainnya unisex yang dapat digunakan secara tidak jelas oleh wanita dan pria,” kata García. “Tekstur yang disukai masyarakat pria untuk perawatan wajah adalah yang sedikit berminyak, seperti serum encer atau emulsi berair dengan kandungan lemak rendah,” tambahnya.

Sejalan dengan itu, dalam artikel tentang kosmetik pria ini, apoteker Ramón Bonet dan Antonieta Garrote menekankan bahwa “pria lebih menyukai garis yang ringan, sedikit beraroma, dan multifungsi.” “Mereka mencari kesejahteraan dan tindakan segera dalam aplikasi mereka (meredakan iritasi, mengurangi kemerahan, efek melembutkan…)”, mereka menambahkan.

Ciri-ciri kulit pria

Saat merawat kulit pria, perlu diperhatikan perbedaannya dengan kulit wanita. Menurut García, konsentrasi testosteron 10 kali lebih tinggi pada pria daripada wanita dan ini membuat kulit pria lebih tebal, lebih banyak berkeringat, lebih berminyak dan asam. Konsekuensi dari ini adalah bahwa:

Kulit pria lebih dehidrasi dan berminyak

Kehilangan elastisitas dan kekencangan lebih cepat

Saat kerutan muncul lebih dalam

Memiliki penampilan yang lelah, dengan lingkaran hitam dan kantong yang lebih terlihat

perlu dicukur

“Kita dapat menyimpulkan bahwa kulit pria menua lebih lambat tetapi lebih intens,” kata apoteker ini.